Senin, 16 Februari 2009

DISKUSI DALAM KACAMATA ANGGOTA FORDISMAN

Dalam pertemuan pertama fordismAN memuat tema tentang “diskusi”. Sehingga yang diharapkan dari diskusi itu adalah penumbuhan minat awal mahasiwa administrasi Negara terhadap diskusi. Poin yang dibahas adalah pengertian diskusi, manfaat dari diskusi itu sendiri, hal-hal yang membuat diskusi menarik, dan bagaimanakah diskusi yang menyenangkan dengan diskusi yang tidak menyenangkan.
Pengertian Diskusi
Secara umum diskusi memiliki pengertian sebagai sebuah proses tukar menukar informasi, pendapat, dan unsure-unsur pengalaman secara teratur dengan maksud untuk mendapatkan pengertian bersama yang lebih jelas, lebih teliti tentang sesuatu atau untuk mempersiapkan dan merampungkan kesimpulan/pertanyaan/keputusan. Di dalam diskusi selalu muncul perdebatan. Debat ialah adu argumentasi, adu paham dan kemampuan persuasi untuk memenangkan pemikiran/paham seseorang.
Sebagian anggota fordismAN juga mengemukakan pendapat tentang diskusi; diskusi adalah interaksi yang berupa sharing atau pertukaran informasi antara dua orang atau lebih dalam memecahkan permasalahan baik yang bersifat formil maupun informal dengan tujuan menyatukan persepsi terhadap masalah tersebut. Diskusi juga merupakan suatu cara yang ditempuh oleh orang-orang yang berkepentingan dalam mengatasi masalah.
Manfaat Diskusi
Distinjau dari aspek kemimpinan, diskusi merupakan salah satu cara yang baik untuk mengadakan komunikasi dan konsultasi dan ditinjau dari segi bahan yang dihadapi, diskusi dapat memperdalam wacana/pengetahuan seseorang mengenai sesuatu. Dalam fordismAN anggota berpendapat tentang manfaat diskusi, antara lain:
- Dengan diskusi seseorang bisa mendapatkan nilai A pada mata kuliah tertentu
- Dengan diskusi dapat berbagi dan menambah pengalaman, wawasan, dan ilmu
- Menghasilkan ide baru
- Ada keberanian yang muncul dalam diri seseorang untuk maju karena seseorang itu yakin ada potensi yang besar dalam dirinya untuk dikembangkan
- Terdapat perbedaan antara orang yang terbiasa berdiskusi dengan yang tidak berdiskusi, orang berdiskusi lebih mudah dalam menyampaikan apa yang ia pikirkan dan menghargai perbedaan pendapat dalam diskusi.

Hal-hal yang membuat diskusi menarik
Diskusi menarik bila;
- Instrument (alat) pendukung proses diskusi yang menarik, seperti teknologi yang mendukung seperti laptop yang dapat menunjang proses diskusi tersebut.
- Waktu, tempat dan suasana yang mendukung (dalam arti telah disepakati)
- Topik diskusi yang menarik (bisa diangkat dari masalah-masalah yang relevan dan sedang berkembang di masyarakat)
Diskusi yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
Seperti telah diuraikan di atas bahawa ada hal-hal tertentu yang membuat diskusi itu menarik. Dengan menariknya kegiatan diskusi tersebut maka akan berlangsung pula kegiatan diskusi yang menyenangkan seperti instrument penunjang, waktu, tempat, dan suasana yang mendukung serta topic diskusi yang menarik. Sebaliknya jika hal-hal ini tidak dipenuhi maka diskusi tidak akan menyenangkan. Selain itu diskusi tidak menyenangkan dapat pula terjadi di dalam diri masing-masing individu karena kurang kepercayaan diri, terutama dalam hal mengemukakan pendapat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar